iden

Selayang Pandang Fakultas Ekonomi


Tata Kelola Organisasi

Universitas Pakuan memiliki cikal bakal dengan nama Universitas Bogor sebagai hasil penggabungan beberapa perguruan tinggi di Bogor pada tahun 1977. Pada November 1980, Universitas Bogor berganti nama menjadi Universitas Pakuan di bawah Yayasan Kartika Siliwangi Pembina Universitas Pakuan (YKS – PUP) dimana pada tahun 2002, YKS-PUP berubah nama menjadi Yayasan Pakuan Siliwangi (YPS). Pada tahun 1980, Universitas Pakuan memiliki empat fakultas, yaitu Fakultas Hukum, Fakultas Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, dan Fakultas Sastra. Pada tahun tersebut Fakultas Ekonomi menyelenggarakan dua program studi strata 1, yaitu Program Studi S1 Manajemen dan Program Studi S1 Akuntansi.

Sejak tahun akademik 2000/2001 Fakultas Ekonomi Universitas Pakuan menyelenggarakan program pendidikan profesional untuk Program Diploma III yang terdiri dari dua program studi, yaitu Program Studi Akuntansi dan Program Studi Manajemen Perpajakan. Penyelenggaraan kedua program tersebut telah memperoleh pengesahan berdasarkan Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional RI Nomor : 88/DIKTI/Kep/2001 tanggal 5 April 2001 tentang Pemberian Status ‘Terdaftar’ kepada dua program studi untuk jenjang pendidikan Program Diploma III di lingkungan Universitas Pakuan Bogor.

Pada awal tahun 2016 Universitas Pakuan mulai menyiapkan program pendidikan vokasi yang mandiri, yang selama ini diselenggarakan oleh dua Fakultas, yaitu Fakultas Ekonomi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA). Fakultas Ekonomi menyelenggarakan tiga program studi, sedangkan Fakultas MIPA menyelenggarakan dua program studi, yang seluruhnya  berjenjang diploma tiga. Dengan demikian kelima program diploma tiga itu akan diselenggarakan oleh Program Vokasi Universitas Pakuan. Persiapan dimulai sejak awal tahun 2016 dengan dilakukannya beberapa pertemuan antara FEUP dan FMIPA yang menyepakati perlunya proses pembentukan/peleburan program-program studi tersebut secara bertahap yang dimulai dengan penggunaan gedung/prasarana yang sama. 

Sampai saat ini Fakultas Ekonomi Universitas Pakuan menyelenggarakan pendidikan sarjana strata satu, yang terdiri dari dua program studi, yaitu Program Studi Manajemen dan Program Studi Akuntansi. Seluruh program studi tersebut telah terakreditasi oleh BAN – PT yaitu Akreditasi B untuk Program Studi Manajemen dan Akreditasi A untuk Program Studi Akuntansi. Pada bulan April 2018, Fakultas Ekonomi Universitas Pakuan mengajukan reakreditasi Program Studi Manajemen dalam rangka meningkatkan status akreditasi.

Pada bulan Agustus 2020, tepatnya tanggal 03 Agustus 2020, Universitas melaksanakan pergantian Dekan dan Wakil Dekan seluruh fakultas di Universitas Pakuan. Berdasarkan Statuta Universitas Pakuan Tahun 2020, susunan Pimpinan Fakultas saat ini dipimpin oleh Dekan, dibantu oleh 2 Wakil Dekan, yaitu Wakil Dekan Akademik dan Kemahasiswaan, dan Wakil Dekan Administrasi Umum dan Keuangan sesuai dengan SK Rektor Universitas Pakuan Nomor 35/KEP/REK/VIII/2020 tentang Pemberhentian Dekan dan Wakil Dekan Masa Bakti 2015-2020 serta Pengangkatan Dekan dan Wakil Dekan Masa Bakti 2020-2025 Di Lingkungan Universitas Pakuan.


© 2020 Fakultas Ekonomi Universitas Pakuan