iden

BERMEKAR di desa Taman Sari Kecamatan Taman Sari Kabupaten Bogor


Selama 3 hari (13-15 Januari 2017), kegiatan ini berkonsep action dan education pada 4 aspek dasar, yakni; Pendidikan, Lingkungan, Ekonomi dan Sosial yang diikuti sekitar 50 mahasiswa Fakultas Eknomi Universitas Pakuan yang membawa semangat perubahan.

Kegiatan ini dimulai sejak jumat dengan kegiatan pengajaran yang dilakukan oleh mahasiswa pada anak-anak Paud dengan materi menanamkan budaya cinta lingkungan dengan metode belajar visualisasi yang diiringi lomba melukis tong sampah oleh anak-anak Paud. Dilanjutkan dengan kegiatan pembelajaran budidaya dan pengelolahan jamur oleh mahasiswa yang diajarkan oleh ibu Ratna yang merupakan masyarakat desa Taman Sari.

Mahasiswa turun tangan membangkitkan kesadaran masyarakat untuk peduli terhadap lingkungan dengan membersihkan kali yang berada di desa Taman Sari tersebut yang tercemar sampah rumah tangga, meski diiringi hujan mahasiswa tetap antusias turun ke kali untuk  gotong royong memungut sampah.

Kegiatan bebersih sungai diakhiri dengan menempatkan plang ajakan untuk tidak membuang sampah sembarangan dan  tong sampah agar masyarakat dan pengunjung tidak membuang sampah sembarangan di sekitaran kali tersebut.