iden

UNPAK - Rencana pembentukan Omnibus Law (OL) tentu karena pertimbangan berbagai aspek, termasuk hukum dan ekonomi. Dalam perspektif ekonomi, kebutuhan OL, terkait dengan salah satu pondasi utama pertumbuhan ekonomi kita yaitu investasi. Ada 2 hal yang perlu dipahami.

Pertama, kita sering dengar bahwa hambatan pertumbuhan investasi terbesar kita adalah tumpang tindihnya regulasi, baik di tingkat pusat maupun daerah.

Harus diakui, Pemerintah telah mampu memperbaiki beberapa hambatan investasi seperti tersedianya akses transportasi (jalan tol), perbaikan dwelling time, dan waktu pengurusan izin, namun tetap dibutuhkan perbaikan pada masalah utamanya, yaitu tumpang tindih regulasi. Oleh sebab itu simplifikasi regulasi menjadi satu keharusan agar menarik minat investor.


Pada tanggal 18 – 19 Oktober 2019, di Fakultas Ekonomi Universitas Pakuan Bogor dilakukan satu acara yang diikuti oleh para peserta program sertifikasi kompetensi skema Human Capital Staff.


Sejumlah tantangan dan peluang disampaikan dalam acara Prospek Ekonomi Kota Bogor Tahun 2020 yang diselenggarakan Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor. Acara tersebut dibuka secara langsung Wali Kota Bogor, Bima Arya di Paseban Sri Bima, Balai Kota Bogor, Jumat (13/12/2019).


© 2020 Fakultas Ekonomi Universitas Pakuan