RT Mixxmag - шаблон joomla Книги

Program e-SPT Perpajakan

Created on Sunday, 07 June 2015 03:01 Written by Admin

Program e-SPT

Kegiatan Pelatihan Program e-SPT Perpajakan

Email: Pelatihan merupakan salah satu usaha untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) berkualitas terhadap profesinya dalam sebuah organisasi.  Bagaimanapun lengkap, canggih, dan tertata rapinya aspek keorganisasian, jika SDM-nya tidak tahu, tidak mau, dan tidak mampu dalam peningkatan tugas keprofesian yang menjadi tanggung jawabnya, maka tidak bermakna positif bagi keberlangsungan suatu organisasi, khususnya di lembaga pendidikan tinggi. Kebutuhan akan pelatihan ini menjadi suatu yang sangat penting dalam pengembangan keprofesian dosen yang bersangkutan.

Fakultas Ekonomi Universitas Pakuan menyelenggarakan Pelatihan Program e-SPT  Perpajakan, dilaksanakan dari tanggal 9-11 Februari 2015. Hadir dalam pelatihan tersebut Dekan Fakultas Ekonomi Universitas Pakuan, Dr. Hendro Sasongko, MM., SE., Ak., dan Harisman Isa Mohammad, S.AB., perwakilan dari lembaga Diklat Purnawarman.

Bertempat di ruang labaratorium komputer Fakultas Ekonomi Kegiatan Pelatihan Program e-SPT dibuka oleh Ketua Laboratorium FE-UP, Dr. Edhi Asmirantho, SE., MM. Program ini diselenggarakan atas kerjasama dengan Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Purnawarman.

Berawal adanya kebutuhan para praktisi perpajakan untuk meningkatkan ketrampilan menghadapi perkembangan terbaru peraturan perpajakan semakin meningkat. Hal ini dikarenakan adanya berbagai  perubahan atas peraturan perundang-undangan di bidang perpajakan. Salah satu contohnya adalah dengan dibuatnya aplikasi e-SPT sebagai salah satu inovasi berbasis teknologi informasi, bertujuan untuk mempermudah kedua belah pihak, baik pemerintah maupun para wajib pajak.

Aplikasi e-SPT atau disebut dengan Elektronik SPT adalah aplikasi yang dibuat oleh Direktorat Jenderal Pajak untuk digunakan oleh Wajib Pajak untuk kemudahan dalam menyampaikan SPT. Dalam tataran praktisnya, tidak sedikit masyarakat atau orang yang mengerti pajak belum bisa didalam mengoperasikan Aplikasi e-SPT tersebut dikarenakan memang mempunyai trik dan tips pengisian yang harus diketahui oleh penggunanya.

Beberapa kelebihan aplikasi e-SPT adalah:
· Penyampaian SPT dapat dilakukan secara cepat dan aman, karena lampiran dalam bentuk media CD/disket.
· Data perpajakan terorganisir dengan baik.
· Sistem aplikasi e-SPT mengorganisasikan data perpajakan perusahaan dengan baik dan sistematis.
· Penghitungan dilakukan secara cepat dan tepat karena menggunakan sistem computer .
· Kemudahan dalam membuat Laporan Pajak.
· Data yang disampaikan WP selalu lengkap, karena penomoran formulir dengan menggunakan sistem komputer.
· Menghindari pemborosan penggunaan kertas.
· Berkurangnya pekerjaan-pekerjaan klasikal perekaman SPT yang memakan sumber daya yang cukup banyak.

Melalui kegiatan pelatihan program e-SPT Perpajakan ini diharapkan dapat meningkatkan kompetensi SDM dibidang perpajakan khususnya dalam hal pelaporan e-SPT dengan memanfaatkan kemajuan teknologi informasi, seiiring pemutakhiran informasi dan peraturan-peraturan terkini mengenai kewajiban perpajakan di Indonesia.  Selain itu, diharapkan pula adanya peningkatan  kualitas pengajar baik dosen maupun para instruktur laboratorium, membantu mengembangkan materi pembelajaran sesuai dengan kebutuhan bagi mahasiswa sehingga mahasiswa dapat mengetahui peraturan sistem perpajakan yang baru dan mengetahui bagaimana proses pelaksanaan dalam  menghitung dan  melaporkan pajak secara online.

Share berita :    

Program e-SPT

PUTIK ~ UNPAK


 

Back Home

Terjemahkan Bahasa

Media Sosial

 Official Fanpage      Official Twitter
klik → Official Fanpage Unpak   klik → Official Twitter Unpak

Feedback

Kritik dan Saran Anda Silahkan kirim
Email ke:
feup[at]unpak.ac.id